Cara mengatasi atap dak bocor dari bawah dengan cara injeksi beton

Selamat datang di konstruksi.com
Pembahas kali ini adalah tentang cara mengatasi atap dak beton bocor, penyebab atap terjadinya bocor pada atap dak dan langkah pencegahan agar atap dak terhindar dari masalah bocor di kemudian hari


Cara mengatasi atap dak beton yang bocor dapat di lakukan dengan menambal dari bawah menggunakan bahan semen yang di sebut waterplak ataupun dengan cara di injeksi dengan material sika ataupun produk lainnya.

Nanti kita akan bahas satu persatu dalam artikel ini agar kita dapat menentukan cara terbaik untuk memperbaiki bagian atap dak yang terbuat beton dan mengalami masallah bocor ataupun retak.
Waterproofing membrane dan injeksi beton bocor

Trik mengatasi atap dak beton yang retak dan bocor

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita samakan dahulu bahasa yang akan di pakai agar tidak membingungkan. Bagian bangunan paling atas yang terbuat dari beton sering di sebut atap dak beton atau rooftop. Untuk lebih mudah dalam pembahasan, maka saya menyebutnya dengan atap dak saja.

Dampak atap dak beton bocor

Sebelum membahas tentang cara mengatasi atap dak beton yang bocor, sebaiknya kita juga mengetahui dampak yang di timbulkan dari atap dak beton yang bocor.

Atap dak yang bocor sangat merugikan pemilik bangunan secara material. Baik dampak jangka panjang dan juga dampak jangka pendek. Bangunan yang bocor pada bagian atap dak sangat merugikan karena dapat menimbulkan hal-hal seperti berikut :

  1. Merusak Perabot 
  2. Menimbulkan flek
  3. Merusak struktur
  4. Mengurangi nilai jual 

Dari ke empat dampak dari atap dak beton bocor di atas, yang paling menakutkan adalah merusak struktur bangunan. Jika struktur bangunan rusak, ada kemungkinan bangunan menjadi rapuh dan runtuh.

Resapan air yang menembus beton dapat menyebabkan besi tulangan berkarat. Besi struktur yang berkarat lamban laun akan menjadi rapuh dan membuat menjadi tidak kokoh lagi. Jika keadaan ini tidak segera di tangani, ada kemungkinan bangunan menjadi ambruk.

Tetesan air dari atap dak beton yang bocor dan menembus ke lantai di bawahnya dapat merusak plafon dan menimbulkan banyak flek hitam. Tidak sampai disini saja, bahkan tetesan air dari kebocoran tersebut akan merusak perabot rumah. Sangat di sayangkan jika perabot rumah menjadi rusak Cuma karena tetesan air dari kebocoran beton atap dak.

Penyebab utama atap dak beton bocor

Saat ini segera mengatasi masalah atap dak bocor, sebaiknya kita pelajari dahulu hal yang menyebabkan atap dak menjadi bocor agar kita mengetahui cara terbaik yang akan kita lakukan untuk mengatasi atap dak bocor. 

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan atap dak beton mengalami kebocoran saat musim hujan :

  1. Atap dak beton Mengalami keretakan
  2. Beton atap dak keropos
  3. Area fulldrain
  4. Air hujan tidak mengalir ke pembuangan
  5. Sambungan beton antara lantai dan dinding mulai rusak
  6. Tidak di aplikasi waterproofing atau umur waterproofing sudah terlalu lama
  7. Tempias pada poid-poid bangunan
  8. Terdapat Lubang-lubang untuk pemasangan AC atau kabel yang tidak di aplikasi dengan benar.

Penyebab atap dak beton  mengalami kebocoran yang pertama adalah atap dak beton dalam keadaan retak.

Air akan meresap melalui retakan beton ini dan bisa menembus hingga ke bagian bawah beton. Tetesan air dari resapan ini dapat menyebabkan kerugian bagi pemiliknya seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Atap dak beton yang keropos juga menjadi salah satu penyebab bangunan bocor. Air akan dengan mudah menembus beton melalui celah-celah beton keropos.

Cara mengatasi atap dak beton yang bocor dapat dilakukan dengan metode injeksi serta pemasangan waterproofing membran bakar.


Area atap dak  yang sering mengalami bocor

Area full drain atau pembuangan air yang tersumbat sering menjadi penyebab bangunan menjadi bocor. Segera bersihkan area full drain yang ada di atap dak sebelum musim hujan.

Jangan biarkan fulldrain atau saluran air yang tersumbat menjadi sumber masalah bocor karena air menggenang di atap dak beton bangunan.

Buatlah lantai atap dak beton miring ke arah fulldrain agar air tidak menggenang. Proses pembuatan lantai atap dak beton dapat dilakukan saat membuat atap dak beton atau di tambahkan screed diatas beton untuk membuat kemiringan beton menuju fulldrain.

Cara mengatasi atap dak bocor dari bawah

Cara mengatasi atap dak beton bocor tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara perbaikan beton bocor yang dapat kita lakukan. Berikut ini cara perbaikan atap dak beton yang bocor :

  1. Waterplak/waterplug atau menambal atap dak beton dari bagian bawah
  2. Injeksi beton atau suntik beton
  3. Pemasangan waterproofing


Waterplak adalah salah satu cara mengatasi beton bocor dengan cara menambal bagian dak beton menggunakan campuran semen dan pengeras pengeras semen dari bagian bawah atap dak beton.

Perbaikan seperti ini tidak saya rekomendasikan jika tidak di kombinasikan dengan pemasangan lapisan waterproofing diatasnya.

Cara mengatasi atap dak beton bocor dengan cara menambal dari bagian bawah atap dak beton dengan Waterplak sangat tidak saya sarankan karena cara perbaikan seperti ini hanya bersifat sementara.

Air malah terjebak dalam beton karena sumber penyebab atap dak bocor berada di bagian atas. Misalnya atap dak beton retak atau keropos.

Setelah melakukan perbaikan dengan cara ini, sebaiknya bagian atas atap dak beton langsung di aplikasikan lapisan waterproofing membran bakar untuk mencegah air masuk kembali mendorong Waterplak yang telah dipasang.

Cara mengatasi atap dak beton yang bocor kedua adalah dengan menggunakan metode injeksi atau suntik beton.

Injeksi beton adalah suatu proses perbaikan beton bocor dengan cara memasukkan atau menyuntikkan suatu material ke dalam beton menggunakan neple.

Material untuk suntik beton ini dapat berupa campuran pasta semen, material epoxy ataupun polyurethane.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang injeksi beton dapat dibaca pada artikel saya sebelumnya :
Cara perbaikan beton bocor dengan metode injeksi


Cara pencegahan agar atap dak beton tidak bocor kembali

Cara mengatasi atap dak beton yang bocor dengan metode Waterplak maupun injeksi beton tidak akan bertahan lama jika tidak dibarengi memasang lapisan waterproofing di bagian atasnya.

Tujuan pemasangan waterproofing di bagian atas atap dak beton ini adalah untuk mencegah kebocoran di kemudian hari karena bangunan sudah dilapisi oleh waterproofing.

Waterproofing yang cocok untuk atap dak adalah waterproofing membran bakar karena memiliki kekuatan lebih dari waterproofing coating.

Tetapi jika ingin waterproofing coating ingin di aplikasikan pada atap dak beton juga tidak bermasalah. Cuma saya lebih merekomendasikan pemasangan waterproofing membran bakar.

Untuk penjelasan tentang lengkap cara menentukan jenis material waterproofing yang tepat untuk sebuah bangunan, teman-teman dapat membaca artikel yang telah saya buat sebelumnya. Untuk mengenal jenis-jenis waterproofing dapat di KLIK DISINI.

Selain memasang waterproofing, buat kemiringan lantai menuju fulldrain agar air langsung terbuang dan tidak menggenang. Membuat kemiringan pada atap dak beton dapat di lakukan dengan melakukan screed di atas lapisan waterproofing. Perhitungkan kemiringan dengan baik agar air benar-benar langsung mengair dan terbuang melalui full drain.


Kesimpulan :

Saya rasa kita sudah sampai di penghujung artikel ini. Sebagai kesimpulan dari artikel ini adalah cara memperbaiki atap dak beton yang bocor adalah menggunakan metode Waterplak (menambal kebocoran dari bawah) dan dengan cara melakukan injeksi beton (suntik beton).

tetapi kedua cara yang saya sebutkan tadi tidak akan maksimal jika tidak di kombinasikan dengan pemasangan waterproofing di bagian atas atap dak beton.

Setelah pemasangan waterproofing, sebaiknya lakukan sreeding untuk melindungi lapisan waterproofing sekaligus membuat kemiringan lantai agar air langsung mengalir ke fulldrain.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar teman-teman untuk meningkatkan kualitas blog ini.


Terima kasih telah mampir ke blog ini dan sukses selalu buat pembaca setia konstruksi.com
Wassalam

Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi atap dak bocor dari bawah dengan cara injeksi beton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel