Cara Pemasangan Waterproofing Membrane bakar agar berhasil tanpa Bocor

Sebelum melanjutkan membahas tentang waterproofing Membran, sebaiknya teman-teman mengetahui dahulu arti waterproofing dan jenis-jenis waterproofing.

Jika teman-teman ingin mempelajari tentang waterproofing dan jenis-jenisnya, dapat mengunjungi artikel saya sebelumnya. Silahkan klik disini untuk membacanya

Pengertian dan cara Aplikasi membran bakar

Perkembangan dan pembangunan saat ini semakin pesat. Pembangunan gedung-gedung bertingkat seakan tiada henti.

Mungkin karena Indonesia merupakan negara berkembang sehingga pembangunan Gedung perkantoran, fasilitas jalan tol dan Tempat hunian semakin di genjot untuk membuktikan kemajuan pembangunan itu sendiri.

Dengan banyaknya pembangunan, maka pemakaian product waterproofing pun semakin diminati. Karena dengan pemakaian waterproofing mampu mempertahankan kualitas dan umur bangunan.

Salah satu penyebab utama bangunan cepat terlihat kusam dan tua adalah terjadinya kebocoran pada bangunan tersebut. Sehingga terdapat banyak plek dan jamur pada bangunan.

Untuk mencegah bangunan agar tidak terjadi kebocoran yang menyebabkan tumbuh banyak plek dan jamur bangunan yang membuat bangunan tampak kotor, maka banyak pihak mengaplikasikan waterproofing sebagai pilihan untuk melindungi bangunan mereka dari pengaruh cuaca buruk atau iklim yang berubah-ubah seperti di negara kita.

Salah satu waterproofing yang sangat banyak dipakai saat ini adalah waterproofing membran bakar.

Waterproofing membran bakar sangat cocok di pasang pada rooftop bangunan, balkon, kamar mandi, gwt, stp, basement dan dinding basement.

Waterproofing membran bakar terbagi menjadi 2 yaitu yang exposed dan non exposed.

Membrane bakar exposed sering disebut membran bakar granule. Kelebihan membran granule dapat di aplikasikan tanpa harus melalukan proteksi pada membran tersebut.

Membrane granule sudah tahan terhadap sinar UV sehingga bisa di biarkan terbuka tanpa harus melakukan screed.

Sedangkan membran bakar non exposed harus diberikan lapisan proteksi diatas membran tersebut untuk melindungi membran agar tidak terpapar sinar matahari.

Proteksi membran non exposed dapat dilakukan dengan cara di screed agar lapisan membran tersebut tidak terkena sinar matahari.

Apa Itu waterproofing membran bakar ?
Membrane bakar

Pengertian waterproofing Membrane Bakar
Waterproofing membran bakar adalah pelapis kedap air yang diaplikasikan dengan cara dibakar. Waterproofing membran ini merupakan pelapis kedap air yang sangat baik untuk bangunan yang mempunyai kelembapan seperti dinding basement, dak beton, kolam renang dan balkon.

Membrane bakar berbentuk lembaran yang telah di kemas salam bentuk satu gulung dengan ukuran panjang 10 m¹ dan lebar 1m¹ serta ketebalan 3 mm dan 4 mm. Namun sebagian besar lebih banyak yang menggunakan 3 mm karena lebih mudah di dapatkan di pasaran dengan harga yang lebih murah.

Fungsi waterproofing Membrane Bakar

Mengapa banyak orang mengaplikasikan membran bakar di bangunan mereka ? 

Sesuai dengan fungsi waterproofing membran bakar untuk melindungi bangunan agar terbebas dari masalah bocor. Jadi waterproofing membran itu mampu melindungi bangunan agar tidak tembus oleh air baik saat musim hujan ataupun air yang keluar dari tanah.

Lapisan membran dirancang sedemikian rupa, berbahan aspal dan berserat serta memiliki sifat kedap air, sehingga membran waterproofing mampu menahan tekanan air agar tidak menembus kedalam bangunan.

Selain sebagai pelapis anti bocor, membran bakar juga bisa digunakan sebagai material untuk mempercantik bangunan. Misalnya pemakaian membran tempel untuk mengganti genteng sebagai atap bangunan.

Membrane tempel lebih ringan dari atap bangunan lainnya seperti genteng atau asbes. Selain itu tampilannya lebih cantik dan terkesan rapi.

Selain membran tempel, membran granule juga sangat menarik untuk di aplikasikan pada atap bangunan atau balkon. Dengan berbagai macam pilihan warna sehingga bangunan akan tampak lebih elegan dan berkelas.

Jenis-Jenis Waterproofing Membrane Bakar

Waterproofing membran bakar di bagi dalam beberapa jenis. Ada membran bakar biasa, membran bakar anti sinar matahari (membran expose) atau UV dan membran tempel.

Dari ketiga jenis membran diatas, memiliki perbedaan dan harga serta tampilan.

untuk membran biasa, tampilan membran berwarna hitam dan tidak tahan terhadap sinar matahari.

Jadi jika aplikasi membran ini, harus di lakukan proteksi dari paparan sinar Matahari. Cara proteksinya cukup dengan melakukan screed agar membran tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Membrane anti sinar UV atau biasanya di sebut membran granule sudah memiliki material penahan sinar UV diatasnya.


Biasanya berbentuk batu kerikil kecil-kecil dan memiliki berbagai macam warna. Misalnya warna hijau ataupun merah.

Sedangkan membran tempel adalah membran dengan potongan kecil-kecil lebih menyerupai potongan genteng jika dilihat dari jauh. Jenis membran tempel tentunya sudah memiliki anti sinar UV karena di fungsikan sebagai pengganti atap bangunan.

Secara fungsi, ketiga jenis membran diatas memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi bangunan agar tidak mengalami masalah kebocoran.

Namun ada yang memiliki kelebihan dari segi tampilan. Membrane tempel dan granule lebih menarik dan tahan terhadap sinar UV. Karena tampilan menarik dan anti sinar UV, biasanya membran jenis ini tidak di screed lagi.

Jadi tidak memerlukan lagi lapisan proteksi untuk melindungi dari paparan sinar matahari

Alat Kerja waterproofing Membrane Bakar
Baik sebagai pemberi kerja atau sebagai aplikator, sebaiknya kita mengetahui alat apa saja yang di perlukan untuk melakukan pekerjaan waterproofing membran bakar. Dengan kelengkapan alat kita dapat lebih memaksimalkan hasil kerja pemasangan membran.

Selain itu, alat bantu sebagai keamanan pekerjaan juga harus diperhatikan. Misalnya ketersediaan apar atau alat pemadam kebakaran. Karena saat aplikasi waterproofing membran menggunakan api yang cukup berpotensi menyebabkan kebakaran.

Sebagai list alat pekerjaan yang harus di siapkan,saya sudah membuat listnya sebagai berikut :

Torching atau alat bakar
Tabung gas
Selang untuk penghubung antara tabung gas dan torching
Meteran
Sendok semen
Pisau Cutter
Palu dan Pahat
Sapu Lidi dan alat untuk membersihkan area kerja
Sarung Tangan Kain
Ember 
Kuas roll dan Kuas 4"
Material waterproofing (membran)
Primer 

Merk Waterproofing Membrane Bakar

Saat ini berbagai merk waterproofing membran bakar yang menawarkan dengan diskon dan garasi material yang sangat beragam. Ada kelebihan dan kekurangan di setiap merk waterproofing membran bakar.

Perusahaan yang menawarkan penjualan material waterproofing membran bakar antara lain : PT.SIKA Indonesia, PT.Posroc, PT.BASF,PT Bostik dan masih banyak lagi perusahaan lainnya yang menawarkan berbagai jenis membran bakar sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini.

Area Ideal Aplikasi Membrane Bakar

Aplikasi waterproofing membran bakar tidak semudah apa yang kita bayangkan. Banyak hal pendukung lainnya yang harus di perhatikan untuk dapat memastikan keberhasilan pemasangan waterproofing membran bakar.

Ada sebagian pihak kontraktor menganggap sepele masalah lokasi yang kayak di aplikasi waterproofing.

Terkadang lokasi masih sangat kotor sudah di minta aplikasi waterproofing membran bakar secepat mungkin untuk mengejar target proyek mereka.

Tentu hal seperti ini sangat tidak di benarkan, jika di paksakan akan berakibat hasil pemasangan waterproofing membran bakar jadi kurang maksimal.


Lokasi yang layak untuk di pasang waterproofing membran bakar

Syarat lokasi yang layak untuk di aplikasi waterproofing membran bakar agar mendapatkan hasil yang maksimal sebagai berikut :

Lokasi bebas dari air dan debu serta kotoran lainnya
Setiap sudut pertemuan antara dinding dan lantai bangunan di buatkan champer (penutupan sudut bangunan menggunakan campuran semen dan pasir)
Tidak terdapat keropos pada area yang akan di aplikasi waterproofing Membrane, jika masih ada, segera di tambal pakai pasta semen.

Area fulldrain mengalir lancar agar air tidak menggenang
Bekas adukan harus di bersihkan agar permukaan menjadi rata

Tidak terdapat benda tajam uang dapat merusak membran seperti bekas stek kolom atau besi strukture lainnya
Saat aplikasi membran, area harus steril dari pekerja proyek.
Dilarang menempatkan material di area yang sudah di aplikasi waterproofing membran bakar.

Persiapan Pekerjaan Waterproofing Membrane Bakar

Sebelum melakukan pekerjaan pemasangan waterproofing Membrane, sebaiknya cek dan persiapkan lokasi kerja yang akan di aplikasi.

Bersihkan area dari air, tanah, debu, semen bekas adukan dan kotoran lainnya. Tutup atau tambal setiap area yang keropos. Buatkan champer untuk menutup sudut pertemuan antara lantai dan bangunan.

Periksa juga kelancaran saluran air dan fulldrain agar air yang tidak terpakai dapat mengalir lancar ke saluran pembuangan.

Persiapkan alat dan material sebelum aplikasi. Periksa lagi semua jangan sampai ada yang tertinggal.

Resiko dan Penyebab kegagalan aplikasi waterproofing Membrane Bakar
Resiko kegagalan pengerjaan waterproofing membran bakar dapat saja terjadi. Kesalahan dan keteledoran atau pekerjaan yang kurang pengawasan dapat menyebabkan gagalnya aplikasi membran bakar.

Dampak dari kegagalan aplikasi membran bakar dapat menyebabkan bangunan yang sudah di aplikasi waterproofing masih terdapat kebocoran sehingga memerlukan perbaikan dengan biaya yang tidak sedikit.


Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan aplikasi waterproofing Membrane bakar :

Area lembab saat aplikasi membran
Pembersihan lokasi kerja belum maksimal
Tidak di buatkan champer
Membrane tergores benda tajam
Pembakaran yang kurang sempurna
Overlap terlalu kecil
Sambungan antar membran kurang sempurna
Adanya aktivitas lain yang merusak membran
Tidak di aplikasi primer
Pekerja kurang pengawasan
Proyek kejar scedule
Pekerjaan membran dengan biaya yang lumayan mahal harus mendapatkan hasil yang sempurna. Hal-hal yang saya sebutkan diatas menjadi kemungkinan kegagalan aplikasi waterproofing membran bakar.

Area yang lembab misalnya habis terjadi hujan kemudian langsung melakukan pembakaran membran dapat menyebabkan kegagalan aplikasi waterproofing membran.

Area yang masih lembab akan menguap saat sedang melakukan pembakaran membran. Sehingga uap air terjebak dalam membran sehingga membran menggelembung dan tidak menempel sempurna pada beton.

Pembersihan lokasi juga menentukan keberhasilan aplikasi waterproofing membran. Lokasi yang masih banyak debu dapat menyebabkan membran tidak menempel sempurna pada beton dan dapat menyebabkan membran mengelupas dan bisa saja terjadi kebocoran di area tersebut saat musim hujan.

Champer adalah proses penutupan sudut pertemuan antara dinding dan lantai yang membentuk sudut 45 derajat.

Tujuan penutupan sudut ini adalah untuk mengurangi resiko material membran terlalu menekuk dan menyebabkan membran menjadi patah.

Luka pada membran setelah selesai di aplikasi dapat menyebabkan kebocoran.

Membrane bisa saja sobek saat aplikasi atau terkena benda tajam lainnya. Perhatikan dengan saksama permukaan membran setelah selesai aplikasi. Jangan sampai ada bagian membran yang sobek atau berlubang.

Proses pengerjaan membran perlu di perhatikan. Jangan sampai proses pembakaran yang tidak sempurna menyebabkan kegagalan aplikasi waterproofing membran bakar.

Sebaliknya, pembakaran yang terlalu matang dapat menyebabkan membran menjadi berlobang sehingga dapat menjadi penyebab bangunan masih bocor setelah aplikasi membran bakar.

Overlap atau sambungan antara membran harus merekat sempurna dan salin tindih antara membran satu dengan yang lainnya. Sambungan membran yang adu manis menjadi salah satu penyebab kegagalan aplikasi waterproofing membran.

Setelah selesai aplikasi waterproofing Membrane, sebaiknya di pasang police line agar tidak ada pekerja lain masuk ke area tersebut. Apalagi meletakkan material diatas membran yang sudah terpasang.

Hal seperti ini terkadang menjadi penyebab bangunan bocor kembali setelah selesai aplikasi waterproofing membran.

Primer sebelum pemasangan waterproofing membran juga sangat penting. Jangan sampai karena menghemat material sehingga mengabaikan hal ini.

Penyebab kegagalan aplikasi waterproofing membran bakar terakhir adalah Kurangnya pengawasan kepada pekerja dan proyek yang kejar tayang.

Proyek dengan scedule mepet biasanya akan cenderung mengabaikan kualitas pekerjaan. Yang penting cepat selesai dan sesuai scedule proyek lebih diutamakan.
Metode Aplikasi Waterproofing Membrane Bakar
Aplikasi waterproofing membran sebaiknya di rencanakan sematang mungkin untuk mencegah gagalnya aplikasi waterproofing membran bakar.



Berikut ini tahapan pemasangan waterproofing membran :


Persiapkan material dan alat di lokasi kerja

Cara aplikasi membran bakar

Siapkan membran dan pasanglah sesuai ukuran atau posisi membran kemudian gulung kembali sebagian agar proses pembakaran lebih mudah.

Bakar bagian bawah membran menggunakan alat bakar atau torching lalu tempelkan dengan beton
Lakukan secara perlahan sambil di perhatikan tingkat kematangan pembakaran. Jangan sampai terlalu matang karena dapat menyebabkan membran jadi berlubang. Dan jangan kurang matang juga karena dapat membuat membran tidak menempel.

Setelah pembakaran beberapa roll. Kembali lagi ke area pembakaran pertama. Cek dan bakar kembali setiap sambungan membran (Overlap)

Lakukan secara hati-hati langkah demi langkah setiap proses pembakaran membran.

Jika sudah selesai, biarkan membran merekat sempurna pada beton. Biarkan lapisan membran menjadi dingin sekitar 8 jam. Kemudian lakukan test rendam

Test Rendam Waterproofing Membrane Bakar

Test rendam waterproofing membran wajib dilakukan apabila pekerjaan sudah selesai.

Test rendam ini bertujuan untuk melakukan pengetesan dan membuktikan tingkat keberhasilan aplikasi waterproofing membran.

Jika selama 24 jam tidak ada kebocoran, maka dapat di pastikan bahwa pemasangan waterproofing membran cukup berhasil.

Jika masih ada kebocoran, segera keringkan air buat test rendam kemudian cek kembali permukaan membran.

Apakah ada yang berlubang atau tidak menempel pada beton. Lakukan perbaikan di bagian yang masih bocor kemudian dapat dilanjutkan dengan test rendam kembali sampai tidak ada area yang bocor lagi.

Metode Perbaikan Membrane Bakar

Aplikasi waterproofing membran bakar tidak selamanya sukses. Ada saja bagian yang kadang kurang maksimal sehingga menyebabkan kegagalan aplikasi waterproofing membran.

Metode  perbaikan untuk area yang masih bocor dapat di lakukan dengan mengecek area tersebut dan di lakukan pembakaran ulang.

Jika di perlukan, bongkar membran di area yang masih bocor. Dan ganti membran dengan yang baru dengan pemasangan yang lebih teliti lagi. Jangan sampai terlalu buru-buru sehingga menyebabkan kegagalan aplikasi membran yang kedua kalinya.

Harga Waterproofing Membrane Bakar

Sepertinya kita sudah sampai di penghujung tulisan ini. Sebagai bonus dari tulisan ini saya ingin menyampaikan harga waterproofing terpasang permeter²nya.

Harga waterproofing membran bakar sangat di pengaruhi oleh lokasi pekerjaan, akses penaikan material dan volume pekerjaan.

Untuk volume pekerjaan yang luas biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan volume pekerjaan waterproofing membran yang sedikit.

Harga waterproofing membran bakar sangat bervariasi sesuai dengan kondisi lokasi kerja, material yang di pakai, volume pekerjaan sampai dengan persiapan lokasi pekerjaan.

Untuk area toilet biasanya akan lebih mahal daripada atap dak. Hal ini dapat terjadi karena area toilet lebih sulit di kerjakan karena banyak pipa dan volume cenderung lebih sedikit.

Harga waterproofing membran bakar berkisar antara RP 110.000 sampai dengan Rp 150.000.tergantung lokasi dan volume pekerjaan. Bahkan ada harga yang sampai 200.000 lebih untuk area gedung bertingkat dengan akses pengangkutan material yang susah dan volume yang relatif kecil.

Misalnya tidak bisa menggunakan lift alat penunjang lainnya dan volume pekerjaan di bawah 100 m² serta area yang banyak terdapat instalasi pipa atau bahan mudah terbakar.

Untuk harga pasaran waterproofing membran bakar sebenarnya 120.000 dengan volume diatas 100 m² dan lokasi pekerjaan yang mudah di jangkau.

Sebagai penutup artikel tentang waterproofing membran bakar ini, saya tegaskan kembali bahwa keberhasilan pemasangan membran waterproofing sangat tergantung kepada tenaga ahli yang di pakai, persiapan lokasi kerja dan jenis material yang di pakai.

Sebaiknya konsultasikan dengan tenaga ahli dalam waterproofing sebelum menentukan jenis material yang akan dipakai untuk bangunan anda.

Saya rasa sampai disini saja dahulu artikel tentang waterproofing membran bakar ini. Semoga bermanfaat dan dapat di jadikan sumber informasi buat pembaca blog ini.

Silahkan tinggalkan komentar di tempat yang telah kami sediakan untuk membangun blog ini agar menjadi lebih baik.

Terima kasih sudah mampir ke blog konstruksi.com dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk membangun blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pemasangan Waterproofing Membrane bakar agar berhasil tanpa Bocor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel