Cara mengatasi kolam renang bocor dan mengetahui penyebabnya

Memiliki rumah dengan kolam renang di bagian atap dak atau di halaman rumah sudah menjadi impian sebagian besar orang.

Kolam renang bisa dijadikan salah satu simbol bahwa rumah yang eksklusif dan nyaman.

Dibalik itu semua,ada tantangan tersendiri memiliki rumah yang ada kolam renangnya.Harus melakukan perawatan extra.kolam renang yang bocor menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi.

Kolam renang bocor
Kolam Renang


Jika sudah terjadi bocor dan rembes,sang pemilik bangunan tentu ingin secepatnya mengatasi area yang bocor pada kolam renang tersebut.


Penyebab dan cara mengatasi kolam renang yang bocor

Ada dua jenis cara perbaikan untuk area kolam renang yang bocor.

Perbaikan kolam renang bocor untuk jangka panjang atau perbaikan kolam renang dalam kondisi darurat untuk mencegah air merusak perabot yang ada di sekitar kolam renang.

Saya coba akan bahas satu persatu dalam artikel ini mulai dari  cara mengatasi kolam renang bocor dan penyebabnya.

Sebelum menentukan cara perbaikan kolam renang bocor,sebaiknya kita mengetahui dahulu dua jenis tipe bocor pada kolam renang.

Kebocoran pada kolam renang di bagi menjadi dua jenis yaitu kolam renang bocor dari air dalam kolam  dan kolam renang bocor dari luar kolam.

Jenis  kolam renang bocor  kedua dapat terjadi pada kolam renang yang ditanam dalam tanah.

Sebagian besar keluhan kolam renang bocor adalah seperti tife yang pertama.Kebocoran dari dalam kolam renang melngalir keluar area kolam.

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang cara mengatasi kolam renang yang bocor,sebaiknya kita mengetahui terl3bih dahulu beberapa hal yang menjadi kemungkinan menjadi penyebab kolam renang bocor dah rembes.



Penyebab utama kolam renang bocor

Kerusakan pada nat keramik menjadi salah satu penyebab kolam renang bocor.Nat keramik yang rapuh dan mulai mengelupas dapat menyebabkan air meresap kebawah keramik.Air yang menggenang dibawah keramik akan mencari titik lemah beton sehingga mengakibatkan mengurangi volume air dalam kolam.

Keadaan beton yang sudah berumur sehingga terjadi keretakan dan pengeroposan beton.Keadaan seperti ini memungkinkan air meresap kedalam beton dan menyebabkan kolam renang menjadi bocor dan rembes.

Pergeseran struktur bangunan karena berada diatas tanah yang labil juga menjadi salah satu penyebab kolam renang bocor.

Yang sangat sering terjadi juga adalah rusaknya lapisan waterproofing sehingga menyebabkan kolam renang menjadi  bocor.

Dari beberpa penyebab kolam renang bocor diatas,kita mulai dapat menganalisa cara untuk mengatasi kolam renang yang mengalami bocor tersebut.

Metode yang tepat untuk mengatasi kolam renang bocor seperti ini dapat di lakukan dengan tiga cara : 
  1. Memperbaiki area retak dan keropos
  2. Injeksi Beton bocor
  3. Menambal dari sisi luar
  4. Menutup ulang nat keramik
  5. Memasang pelapis anti bocor atau waterproofing
Saat mengetahui kolam renang yang kita miliki mengalami bocor dengan ditandai adanya air yang menetes atau beton menjadi lembab.Kita tentu akan mengecek keadaan beton yang mengalami kebocoran.

Jika beton tersebut retak atau keropos,langkah mengatasinya yang paling cepat adalah memperbaiki kerusakan area tersebut.

Cara mengatasi beton retak atau keropos dapat dilakukan dengan penambalan atau dilakukan dengan metode injeksi.

Metode injeksi adalah cara yang baik untuk memperbaiki area beton yang retak dan keropos.Matrial injeksi akan mengisi rongga keretakan beton.

Jika area retak dan keropos sudah di perbaiki dengan sempurna,tentunya masalah beton bocorpun ikut teratasi.

Seperti yang saya jelaskan diatas,salah satu penyebab kolam renang menjadi bocor adalah rusaknya nat keramik yang menyebabkan air merembes kedalam beton.

Untuk keadaan seperti ini kita bisa mengatasi masalah bocor tersebut dengan  memperbaiki area nat keramik.

Lakukan pembongkaran nat keramik di area yang mengalami kebocoran dan pasang nat keramik yang baru.

Cara mengatasi kolam renang bocor yang saya sebutkan diatas tadi adalah metode cara perbaikan kolam renang bocor yang masih belum terlalu parah.



Cara mengatasi kolam renang yang sudah bocor parah ?

Jika kebocoran kolam renang sudah di anggap parah,sebaiknya di lakukan renovasi.Lakukan pemasangan waterproofing kembali agar kolam renang menjadi benar-benar bebas dari masalah bocor.

Waterproofing yang cocok untuk kolam renang adalah waterproofing coating dengan tambahan kain serat,serat fiber ataupun kain kasa.

Perbaiki semua kerusakan lantai dan dinding kolam renang.Perbaiki area retak dan keropos pada kolam renang.Jangan terlalu buru-buru aplikasi waterproofing jika kerusakan beton belum di perbaiki.

Kolam renang memiliki tekanan air yang cukup tinggi dan sangat beresiko bocor jika pekerjaan waterproofing kurang maksimal.

Saya rasa sampai disini dulu pembahasan kita kali ini,semoga artikel cara memperbaiki kolam renang yang bocor ini bermanfaat.

Terima kasih sudah bersedia mampir ke Blog ini dan jangan lupa tinggalkan komentar teman-teman untuk membangun blog ini agar menjadi lebih baik lagi.

Untuk melakukan Pemesanan Pekerjaan waterproofing Coating dapat di Lakukan Melalui CV Indonitro
Cara-aplikasi-waterproofing-coating

Terima kasih
Wassalam



Belum ada Komentar untuk "Cara mengatasi kolam renang bocor dan mengetahui penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel