Produk Waterproofing terbaik untuk dinding luar bangunan agar tembok tahan REMBES

Dinding rumah yang retak rambut menjadi penyebab utama rembes yang menembus kedalam. Keadaan seperti ini dapat membuat dinding berjamur dan bau apek karena lembab bekas air.

Pemasangan Cat pelapis anti bocor pada dinding luar merupakan salah satu solusi terbaik agar bangunan bebas dari masalah kebocoran saat musim hujan.


Waterproofing Coating Dinding Luar Bangunan

Waterproofing yang tepat untuk dinding luar bangunan

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang jenis waterproofing yang tepat untuk dinding bangunan, sebaiknya saya menjelaskan sedikit tentang apa itu waterproofing.

Waterproofing adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk membuat sebuah objek menjadi tahan atau kedap terhadap air. 

Sebuah konstruksi bangunan biasanya menggunakan lapisan waterproof untuk melindungi dan menjaga ketahanan struktur bangunan tersebut terhadap rembesan air.

Adapun jenis waterproofing sangat beraneka ragam, mulai dari waterproofing coating, Membran bakar, integral waterproofing, Membran cair, waterstop dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk menentukan jenis waterproofing apa yang tepat untuk bangunan anda agar tidak salah pilih jenis waterproofing, dapat membaca artikel yang telah saya buat sebelumnya :

Mengenal Jenis dan manfaat waterproofing untuk bangunan

Setelah teman-teman membaca artikel diatas, tentunya sudah dapat menentukan jenis material Cat pelapis dinding anti bocor yang sesuai untuk bangunan yang akan di aplikasikan waterproofing.

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang Produk waterproofing terbaik untuk dinding luar agar tembok tahan rembes atau bebas bocor.

Waterproofing coating merupakan pilihan pelapis anti bocor yang terbaik untuk di aplikasikan pada dinding luar bangunan. Dengan harga yang terjangkau dan cara aplikasi yang tergolong mudah.

Waterproofing coating adalah yang terbaik untuk area dinding luar

Waterproofing coating sangat mudah di aplikasikan sesuai kondisi dinding luar bangunan yang vertikal. Waterproofing coating bisa di aplikasikan dengan menggunakan kuas roller.

Pilih jenis waterproofing coating expose yang tahan terhadap sinar Matahari. Jadi bisa di aplikasikan tanpa memberikan proteksi terhadap sinar matahari.

Waterproofing coating untuk dinding luar bangunan ini biasanya satu komponen. Sangat mirip dengan cat atau bisa dikatakan cat pelapis anti bocor.

Cat pelapis dinding anti bocor ini dapat di kombinasikan dengan material lainnya seperti kain kassa atau serat fiber. Penambahan kain kassa atau serat fiber bertujuan memberikan kekuatan tambahan agar material waterproofing menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak.

Mengapa kita harus aplikasi waterproofing pada dinding luar bangunan ?

Seperti yang saya sebutkan diatas tadi bahwa waterproofing merupakan lapisan yang kedap air untuk melindungi bangunan agar tidak mengalami kebocoran.

Dinding luar bangunan wajib kita waterproofing. Dinding luar bangunan rentan akan masalah rembes karena air hujan bisa saja meresap kedalam beton dan merusak strukture bangunan serta menimbulkan kerusakan pada bagian dalam bangunan tersebut.

Dinding bagian luar bangunan yang mengalami keretakan dapat menyebabkan air masuk melaui retakan tersebut dan menyebabkan bangunan menjadi banyak flek dan berjamur.

Dengan adanya lapisan waterproofing yang kita pasang dapat mencegah hal seperti tembok rembes, berjamur dan tulangan besi struktur menjadi berkarat.

Jadi disini dapat disimpulkan bahwa pemasangan waterproofing coating pada dinding luar bangunan menjadi sangat penting.

Jenis Waterproofing seperti apa yang cocok untuk dinding luar bangunan agar tembok beton tidak mengalami kebocoran ?

Saat memutuskan untuk menggunakan
Cat pelapis dinding anti bocor untuk di aplikasikan pada dinding luar bangunan, kita harus mengetahui jenis waterproofing coating yang cocok untuk kita pakai.

Waterproofing coating yang cocok untuk dinding luar bangunan adalah Cat pelapis dinding anti bocor yang sudah memiliki anti sinar matahari (ultraviolet).

Banyak produk waterproofing yang bisa kita gunakan untuk dinding luar bangunan.

Misalnya Produk waterproofing dari SIKA. Waterproofing dari SIKA yang banyak di pakai untuk dinding adalah Sika Raintite.Material satu komponen dengan bahan dasar acrylic  yang sangat elastis.

Sika Rianita ini bisa di aplikasikan pada dinding luar bangunan baik dengan tambahan kain kassa ataupun tanpa kain kassa. Tapi sebaiknya lebih baik di tambahkan kain kassa untuk menambah kekuatan dan daya rekat ke beton.

Selain produk SIKA, material waterproofing coating yang banyak digunakan adalah Aquaproof. Metode aplikasi pun sama dengan produk waterproofing lainnya.

Saya lebih cenderung menggunakan kedua jenis material ini untuk saya tawarkan kepada pengguna material pelapis anti bocor. Walau sebenarnya masih banyak jenis produk waterproofing yang dapat kita gunakan untuk dinding bangunan.

Cara aplikasi kedua material waterproofing coating inipun tergolong mudah. Cukup menggunakan kuas roll seperti melakukan pengecatan jika tidak memakai material tambahan kain kassa.

Jika ingin menambahkan kain kassa cukup hanya dengan menempelkan kain kassa saat di lapisan pertama. Kemudian di roll kembali sampai kain kassa tertutup sempurna. Kadang sampai 2 atau 3 kali lapisan diatas material kain kassa.

Sekedar tips tambahan, sebaiknya dinding yang akan di aplikasi waterproofing coating di lakukan pembersihan dan penutupan lubang-lubang kecil yang terdapat pada tembok. Tujuannya adalah untuk mendapatkan hasil aplikasi waterproofing coating yang terbaik.

Perbaiki keretakan pada tembok terlebih dahulu sebelum aplikasi material waterproofing untuk mendapatkan hasil yang Maksimal.

Kedua jenis material waterproofing yang saya sebutkan diatas sudah memiliki ketahanan terhadap sinar matahari sehingga bisa di biarkan terbuka tanpa harus melakukan proteksi.

Untuk mengetes hasil pekerjaan waterproofing coating pada dinding bangunan dapat di lakukan dengan test rendam. Tapi karena material kita aplikasikan pada dinding, cukup di test dengan mengguyurkan air dari atas dengan waktu yang di inginkan.

Hal ini untuk membuktikan bahwa pemasangan waterproofing coating sudah berhasil. Jika tidak ingin melakukan test rendam, sebenarnya sah-sah saja. Mengingat lokasinya yang lumayan ribet untuk melakukan pengetesan.

Keuntungan dan kerugian pemakaian material waterproofing Coating anti sinar matahari


Pemakaian material waterproofing coating satu komponen dengan sifat tahan terhadap sinar matahari ini memiliki keuntungan dan kekurangan.

Waterproofing coating anti sinar ultraviolet dapat dibiarkan begitu saja tanpa harus melakukan proteksi. Jadi kita lebih menghemat biaya pengeluaran karena tidak perlu melakukan screed.

Selain itu material jenis ini dapat digunakan sebagai cat dinding luar agar bangunan tampak rapi.

Proses pemasangan waterproofing ini lebih cepat karena material satu komponen. Kita tidak perlu repot melakukan pencampuran. Selain itu kita tidak perlu di repotkan dengan takaran materialnya.

Selain kelebihan diatas, material ini memiliki kekurangan. Material mudah terluka dan tergores jika terkena benda tajam karena waterproofing ini di biarkan tanpa melakukan proteksi untuk melindungi lapisan waterproofing.

Saya rasa sampai disini saja pembahasan tentang waterproofing coating yang dapat kita terapkan pada dinding luar bangunan ini.

Sebagai kesimpulan saya ingin menegaskan bahwa jenis material waterproofing coating yang terbaik untuk dinding bangunan adalah waterproofing coating yang sudah memiliki daya tahan terhadap sinar matahari dan tingkat elastis yang tinggi.

Cara aplikasi waterproofing coating yang baik dan benar juga menentukan tingkat keberhasilan pemasangan material jenis ini. Sebaiknya gunakan tenaga kerja yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Konsultasikan jenis material yang tepat kepada mereka agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan teman-teman meninggalkan komentar untuk memperbaiki blog ini atau ingin menanyakan tentang hal-hal yang berhubungan dengan waterproofing lainnya.

Terima kasih sudah mampir ke blog kami dan Wassalam.

Belum ada Komentar untuk "Produk Waterproofing terbaik untuk dinding luar bangunan agar tembok tahan REMBES"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel