Waterproofing yang murah dan tepat untuk toilet dan kamar mandi

Waterproofing Coating adalah salah satu cara pembuatan lapisan yang kedap air pada permukaan beton. Jenis seperti ini memanfaatkan material yang berbahan dasar akrilik dalam bentuk cairan polimer.

Hasil dari aplikasi material coating dapat mencegah terjadinya penetrasi air sehingga mampu mengurangi resiko meresapnya air ke dalam beton yang menyebabkan bocor.

Definisi diatas adalah pengertian secara umum tentang waterproofing coating.

Waterproofing coating bisa di aplikasikan pada atap dak bangunan, dinding bangunan, balkon, toilet dan kamar mandi ataupun balkon

Waterproofing coating toilet


Pentingnya aplikasi waterproofing coating untuk menjaga toilet agar bebas bocor


Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang waterproofing coating untuk area toilet dan kamar mandi serta cara aplikasi yang benar pada area tersebut agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Metode aplikasi pun sangat mudah. Bisa dilakukan dengan menggunakan kuas ataupun roll. Tergantung jenis waterproofing coating seperti apa yang sedang di gunakan.

Ada dua jenis waterproofing coating menurut fungsi dan kegunaannya yaitu waterproofing coating exposed dan waterproofing exposed.

Perbedaan dari kedua jenis waterproofing ini cuma dari segi ketahanan terhadap sinar matahari dan tampilannya.

Untuk waterproofing exposed sudah tahan terhadap sinar matahari sehingga bisa di aplikasikan pada bagian luar bangunan tanpa harus melakukan proteksi terhadap waterproofing tersebut. Itulah sebabnya jenis waterproofing ini sangat baik di aplikasikan pada dinding bangunan sebelah luar ataupun atap dak yang ingin tampilannya lebih menarik.

Sedangkan waterproofing coating non exposed adalah jenis waterproofing yang tidak tahan terhadap sinar matahari. Jika di biarkan terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan waterproofing jenis ini menjadi mengelupas dan bahkan rapuh.

Waterproofing coating non exposed sangat tepat diaplikasikan pada toilet dan kamar mandi karena memerlukan lapisan pelindung untuk mencegah rusaknya waterproofing ini. Waterproofing inilah yang akan kita bahas kali ini.

"Seberapa penting waterproofing coating di aplikasikan pada toilet atau lantai kamar mandi ?"

Mungkin pertanyaan diatas salah satu menyebabkan teman-teman menemukan artikel ini.

Waterproofing coating sangat penting kita aplikasikan pada toilet dan kamar mandi karena area tersebut selalu berhubungan dengan air.

Kita tentunya tidak menginginkan air sisa yang di pakai dalam toilet atau kamar mandi mengalir ke dalam beton dan merusak strukture bangunan.

Air sisa yang mengalir atau meresap kedalam beton dapat merusak strukture bangunan karena besi tulangan berkarat. Air yang meresap kedalam beton dapat menyebabkan area yang bersebelahan atau berada di bawahnya menjadi berjamur karena lembab dan menimbulkan bercak-bercak hitam yang menyebabkan bangunan tampak kotor dan kusam.

Selain itu, Air yang meresap kedalam beton dapat menyebabkan bau ruangan menjadi tidak sedap atau berbau apek.

Dari penjelasan saya diatas tentulah dapat disimpulkan bahwa pemasangan waterproofing coating sangat penting untuk di aplikasikan pada area toilet dan kamar mandi.

Bagaimana cara aplikasi waterproofing coating untuk toilet dan kamar mandi agar mendapatkan hasil yang maksimal ?

Pemasangan waterproofing coating pada area toilet bertujuan agar air yang ada di dalam toilet tidak meresap kedalam beton atau air sisa pemakaian toilet tidak mengalir ke area yang tidak diinginkan misalnya ke lantai bawah atau samping area tersebut.

Agar pemasangan waterproofing coating mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya kita harus mengetahui cara aplikasi waterproofing coating yang baik dan benar.


Persiapan Lokasi pekerjaan waterproofing coating untuk lantai kamar Mandi dan toilet


Persiapan sebelum melaksanakan pekerjaan Pelapis lantai kamar mandi dan toilet sangat penting untuk mendapatkan toilet yang bebas dari masalah bocor.

Persiapan pra waterproofing coating kamar mandi meliputi :


Mempersiapkan alat kerja
Mempersiapkan alat kerja seperti : Ember untuk mencampur material waterproofing, Kuas, mesin mixer untuk mengaduk material, Palu, Pahat, Sapu, kabel roll, police line, sarung tangan dan APD lainnya serta kuas 4 inch. Jangan Sampai ada yang tertinggal dan periksa secara teliti


Pemasangan police line
Pasang police line agar tidak ada pekerja lain yang melintas saat sedang melakukan aplikasi waterproofing coating.

Kemudian bersihkan lokasi kerja menggunakan sapu. Ketrik sisa-sisa plesteran dan material lainnya yang menempel pada beton.


Pembuatan champer
Penutupan setiap sudut pertemuan antara dinding dan lantai toilet (pembuatan champer).Pembuatan champer ini bertujuan agar material waterproofing coating tidak membentuk sudut 45 derajat.

Tujuan pembuatan champer adalah untuk mencegah material waterproofing patah setelah selesai di aplikasi.


Perbaikan beton
Tambal setiap area beton yang keropos ataupun retak. Jangan aplikasi waterproofing coating pada area beton yang masih keropos dan belum di tambal.

Jika terdapat beton yang retak, sebaiknya di perbaiki dengan metode injeksi epoxy.

Untuk cara perbaikan beton retak dengan cara injeksi sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Silahkan KLIK DISINI untuk membacanya.


Lembabkan area yang akan di aplikasi
Sebaiknya lembabkan area yang akan diaplikasi waterproofing coating untuk mencegah material mengering secara cepat.

Pada lantai yang terlalu kering, material waterproofing akan cepat mengering dan menimbulkan bintik-bintik yang membentuk lobang.Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, maka di lakukan pelembaban pada beton yang akan di aplikasi waterproofing coating.



Tahapan pekerjaan waterproofing coating toilet


Setelah persiapan lokasi waterproofing coating selesai, kita langsung masuk ke tahapan aplikasi waterproofing coating atau lebih di kenal dengan metode aplikasi waterproofing coating.

Berikut tahapan pekerjaan waterproofing coating pada lantai toilet dan kamar mandi :
  1. Tuangkan cairan ke dalam ember besar di ikuti material semen waterproofing coating sambil dilakukan pengadukan menggunakan mixer. Campuran material sesuai spesifikasi setiap material. Ada material waterproofing dengan perbandingan 1:1 dan ada juga yang 1:2.Lihat di kemasan untuk aturan pakainya.
  2. Lalukan pengadukan sampai di dapatkan campuran material waterproofing yang homogen.
  3. Kuaskan material waterproofing coating menggunakan kuas 4 inch dengan arah horizontal sampai selesai. Perhatikan dengan seksama jangan ada beton yang tertinggal.
  4. Biarkan sampai mengering sekitar 4 jam lebih.
  5. Setelah lapisan pertama kering, lakukan penguasan lapisan kedua. Campurkan material seperti langkah nomer 1 sampai nomer 2.Kemudian Kuaskan material waterproofing coating ke area kerja menggunakan kuas 4 inch dengan arah vertikal (berlawanan arah dengan aplikasi lapisan pertama).
  6. Lakukan langkah 5 dengan teliti sampai beton tertutup sempurna oleh lapisan material waterproofing coating.
  7. Biarkan material mengering selama lebih kurang 1 x 24 jam.
  8. Test rendam area yang sudah di aplikasi waterproofing coating.
Setelah lebih kurang 1 x 24 jam, lakukan pengetesan material waterproofing coating yang telah di aplikasi dengan melakukan test rendam.

Tutup semua saluran pembuangan air yang ada lokasi yang telah di kerjakan waterproofing coating kemudian rendam menggunakan air.

Saat melakukan test rendam, jaga ketinggian air. Jangan sampai air berkurang karena diambil oleh pekerja lain. Kedalaman air saat test rendam sekitar 5 cm.

Jika tidak terdapat kebocoran di lantai bawah dan samping area yang di aplikasi waterproofing, maka pelaksaan pekerjaan waterproofing dianggap berhasil.

Jika masih terdapat kebocoran, sebaiknya langsung di perbaiki dengan melakukan coating ulang di sekitar area yang masih bocor.

Mengapa waterproofing coating lebih di rekomendasikan untuk area toilet dan kamar mandi ?

Pertanyaan diatas kadang sering saya dapatkan saat sedang berada di proyek waterproofing. Kadang mereka bertanya, "kenapa tidak pakai membran aja mas ?"

Waterproofing coating sangat cocok di aplikasikan pada area toilet karena waterproofing coating lebih mudah di aplikasikan pada area kecil ataupun terdapat banyak pipa.

Jika area toilet dipasang waterproofing membran, maka pengerjaan waterproofing menjadi lebih sulit karena waterproofing membran harus di bakar.

Pembakaran membran sedikit agak sulit untuk area yang sempit. Perlu potong sana sini dan di tambah resiko terbakarnya pipa yang telah di pasang di area tersebut.

Selain cara aplikasi waterproofing coating yang lebih mudah, pemilihan waterproofing coating untuk area toilet juga berpengaruh terhadap harga.


Harga waterproofing coating akan lebih ekonomis jika dibandingkan dengan membran bakar


Harga waterproofing coating yang lebih ekonomis menjadi salah satu penyebab kenapa waterproofing coating lebih cocok di aplikasikan pada area toilet dan kamar mandi.

Harga waterproofing coating untuk area toilet dan kamar mandi sangat beragam. Mulai dari harga 30.000/m² sampai dengan 60.000/m².

Saya lebih cenderung mengenakan biaya yang cukup tinggi untuk aplikasi waterproofing coating pada area toilet dan kamar mandi.

Saya bisa meminta harga sekitar Rp 50.000/m².
Mengapa harga saya cenderung mahal ?

Saya mengerjakan pekerjaan waterproofing coating cukup lama dan saya sering mengalami pekerjaan waterproofing yang kurang maksimal. Sehingga hasilnya kurang memuaskan.

Biasanya pekerjaan waterproofing coating di area toilet cuma di bersihkan menggunakan sapu dan palu pahat sebagai alat untuk membersihkan sisa-sisa adukan yang menempel di area lantai toilet kan kamar mandi.

Hal seperti ini sering menyebabkan gagalnya aplikasi waterproofing coating karena pembersihan area kerja kurang maksimal.

Saya lebih memilih menggunakan mesin gerinda untuk membersihkan sisa - sia adukan yang menempel di area lantai toilet. Selain membersihkan,dengan menggunakan mesin gerinda akan mendapatkan permukaan lantai yang lebih rata dan bersih dari kotoran ataupun bekas adukan.

Penambahan alat dan metode kerja ini membuat saya menawarkan harga yang lebih tinggi namun seimbang dengan hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Material waterproofing akan lebih merekat pada beton sehingga bagian toilet akan aman dari masalah bocor karena pemasangan waterproofing lebih maksimal.

Jadi harga waterproofing yang cenderung lebih murah akan memberikan dampak pada hasil pekerjaan yang di lakukan.

Harga murah tapi mengalami kebocoran di kemudian hari atau memilih harga yang lebih tinggi dengan mendapatkan hasil yang sempurna.

Mana yang teman-teman akan pilih ?
Silahkan tentukan sesuai kebutuhan dan keinginan teman-teman

Saya rasa sampai disini saja dahulu artikel tentang waterproofing ini, semoga bermanfaat dan dapat di jadikan acuan untuk penerapan waterproofing pada bangunan yang anda miliki.

Silahkan tinggalkan komentar teman-teman untuk memperbaiki isi blog ini agar mampu menjadi lebih baik. Terima kasih dan Wassalam.


Cara-aplikasi-waterproofing-coating

Belum ada Komentar untuk "Waterproofing yang murah dan tepat untuk toilet dan kamar mandi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel